Posted by : Unknown Kamis, 29 Januari 2015


  Nv2 protokol adalah Wireless Protocol dikembangkan oleh MikroTik untuk digunakan dengan Atheros 802.11 wireless chip. Nv2 didasarkan pada TDMA (Time Division Multiple Access) teknologi akses media bukan CSMA (Carrier Sense Multiple Access) media teknologi akses yang digunakan dalam perangkat 802.11 reguler.

   Media TDMA teknologi akses memecahkan masalah node tersembunyi dan meningkatkan penggunaan media, sehingga meningkatkan throughput dan latency, terutama dalam jaringan PTMP.

  Nv2 didukung untuk Atheros 802.11n chip dan chip 802.11a/b/g mulai dari AR5212, tetapi tidak di dukung pada chip AR5211 dan AR5210. Ini berarti bahwa kedua - perangkat 11n dan warisan dapat berpartisipasi dalam jaringan yang sama dan tidak diharuskan untuk meng-upgrade perangkat keras untuk melaksanakan Nv2 dalam jaringan.

   Media akses dalam jaringan Nv2 dikendalikan oleh Nv2 Access Point. Nv2 AP membagi waktu dalam "periode" ukuran tetap yang dinamis dibagi dalam downlink (data yang dikirim dari AP ke klien) dan uplink (data yang dikirim dari klien ke AP) bagian, berdasarkan antrian state di AP dan klien. Uplink waktu lebih lanjut dibagi antara klien tersambung berdasarkan kebutuhan mereka untuk bandwidth. Pada begginning setiap periode jadwal siaran AP yang memberitahukan klien ketika mereka harus mengirimkan dan jumlah waktu yang mereka dapat digunakan.

     Dalam rangka untuk mengizinkan klien baru dapat terhubung, Nv2 AP berkala memberikan waktu uplink untuk klien "unspecified" - ini selang waktu kemudian digunakan oleh klien segar untuk memulai pendaftaran ke AP. Kemudian AP estimasi delay propagasi antara AP dan klien dan mulai berkala penjadwalan waktu uplink untuk klien ini untuk melengkapi pendaftaran dan menerima data dari klien.

   Nv2 menerapkan tarif dinamis seleksi pada per-klien dasar dan ARQ untuk transmisi data. Hal ini memungkinkan komunikasi yang handal di link Nv2.

    Untuk menerapkan QoS Nv2 variabel priority dengan scheduler builtin QoS default yang dapat disertai dengan kebijakan QoS berdasarkan aturan firewall atau informasi prioritas disebarkan di seluruh jaringan menggunakan VLAN prioritas atau bit MPLS EXP.

status pelaksanaan protokol Nv2 

Pada versi 5.0rc1 Nv2 memiliki beberapa fitur berikut:
    --TDMA akses media 
    --WDS support WDS dukungan 
    --QoS support with variable number or priority queues QoS support dengan variabel nomor antrian atau priority.

Pada versi 5.0rc2:
    Data encryption

Pada versi 5.0rc3
    RADIUS authentication features

Pada versi 5.0rc4
    Added missing statistics fields

Fitur Nv2 yang BELUM MEMILIKI:
  --administrator controlled media access policy 
  --synchronization between Nv2 APs 
  --beberapa fitur lainnya


Kompatibilitas dan hidup berdampingan dengan Wireless Protocol lainnya

  Protokol Nv2 tidak kompatibel atau berdasarkan pada protokol lain Wireless yang tersedia atau implementasi, baik berbasis TDMA atau jenis lain, termasuk Motorola Canopy, Ubiquiti Airmax dan FreeBSD pelaksanaan TDMA. Ini berarti bahwa Nv2 hanya mendukung dan perangkat diaktifkan dapat berpartisipasi dalam jaringan Nv2.

    Perangkat 802.11 Regular tidak akan mengenali dan tidak akan dapat terhubung ke AP Nv2. perangkat RouterOS yang memiliki dukungan Nv2 (yaitu - telah 5.0rc1 RouterOS versi atau lebih tinggi) akan melihat AP yang Nv2 ketika mengeluarkan perintah scan, tetapi hanya akan terhubung ke AP Nv2 jika dikonfigurasi dengan benar.

   Sebagai Nv2 tidak menggunakan teknologi CSMA mungkin mengganggu jaringan lainnya dalam kanal yang sama. Dengan cara yang sama beberapa jaringan lain mungkin mengganggu jaringan Nv2, karena setiap sinyal lain dianggap noise.

Kunci poin tentang kompatibilitas dan koeksistensi:

     --RouterOS perangkat hanya akan bisa berpartisipasi dalam jaringan Nv2 
     --Perangkat RouterOs akan melihat AP Nv2 saat scan 
     --Channel jaringan Nv2 akan mengganggu jaringan lain dalam kanal yang sama 
     --Jaringan channel Nv2 mungkin akan terpengaruh oleh (Nv2 atau tidak) jaringan lain dalam kanal yang sama 

     -- Nv2 tidak akan terhubung ke jaringan lain yang berbasis TDMA

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © SHARING ILMU TEKNOLOGI -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -